UTBK TO PK 1

UTBK PK 01

Barisan \(20, 10, 5, 5z, \dotso\) adalah barisan geometri. Nilai \(z\) adalah...

Barisan \(20, 10, 5, 5z, \dotso\) adalah barisan geometri. Jumlah suku ke-6 dan suku ke-8 sama dengan lima kali suku...

Barisan \(20, 10, 5, 5z, \dotso\) adalah barisan geometri. Rata-rata sepuluh suku pertama barisan tersebut adalah...

\(\textbf{Informasi berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 6}\)




Pada persegi panjang ABCD, titik E dan G berturut-turut terletak di sisi DC dan AB sehingga AE || GC, AE = 4, dan \(\angle \text{AGD} = 30^{\circ}\). Garis DG dan AE berpotongan tegak lurus di titik F.

\(\angle \text{AEC} = \dotso\)

\(\textbf{Informasi berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 6}\)




Pada persegi panjang ABCD, titik E dan G berturut-turut terletak di sisi DC dan AB sehingga AE || GC, AE = 4, dan \(\angle \text{AGD} = 30^{\circ}\). Garis DG dan AE berpotongan tegak lurus di titik F.

\(\text{AD} = \dotso\)

\(\textbf{Informasi berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 6}\)



Pada persegi panjang ABCD, titik E dan G berturut-turut terletak di sisi DC dan AB sehingga AE || GC, AE = 4, dan \(\angle \text{AGD} = 30^{\circ}\). Garis DG dan AE berpotongan tegak lurus di titik F.

Luas segiempat AGCE adalah...

Fungsi \(p\) dan \(q\) didefinisikan sebagai berikut:
\(p(x) = 3(x + 6)\) dan \(q(x) = 2x^2 -9x + 4\)

Selisih absis titik potong grafik fungsi \(p\) dan \(q\) adalah...

Misalkan \(\odot\) dan \(\triangle\) menyatakan operasi penjumlahan \((+)\), pengurangan \((-)\), perkalian \((\times)\), atau pembagian \((\div)\). Jika \(6 \odot 3 \triangle 4 > 5\), manakah pasangan berikut yang benar untuk \((\odot, \triangle)\)?


(1) \(\: (-, \times)\)

(2) \(\: (-, \div)\)

(3) \(\: (\div, -)\)

(4) \(\: (\div, \times)\)

Jika kurva \(g(x) = (x-2)^2\) digeser sejauh 2 satuan ke kiri dan 4 satuan ke atas, diperoleh kurva \(y = f(x)\). Manakah pernyataan berikut yang benar?


(1) Garis \(x = -2\) merupakan sumbu simetri kurva \(y = f(x)\)

(2) Ordinat titik potong kurva \(y = f(x)\) dengan sumbu-y adalah 4

(3) Kurva \(y = f(x)\) menyinggung sumbu-x

(4) Titik (1, 5) terletak pada kurva \(y = f(x)\)


Jika diberikan input \(x = 6\), manakah pernyataan berikut yang benar dengan menjalankan prosedur yang disajikan diagram?


(1) \(z\) habis dibagi 3

(2) \(z\) lebih kecil daripada \(x \times y\)

(3) \(y + z\) bilangan prima

(4) \(x \times y\) bilangan ganjil

Tabel berikut menyajikan data banyaknya warga yang telah mendapatkan vaksinasi di empat daerah.

Daerah Total Warga Banyaknya Warga yang Telah Mendapat Vaksinasi
Laki-laki Perempuan
A 450 250 150
B 250 50 50
C 200 80 80
D 100 20 20
P Q
Persentase warga Perempuan di empat daerah tersebut yang telah mendapat vaksinasi 60%



Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas P dan Q berikut yang benar?

Matriks C memenuhi \(\text{C} + \begin{bmatrix} 1 & 2 \\ x & -1 \end{bmatrix} = \begin{bmatrix} 1 & y \\ 2 & -1 \end{bmatrix}\) untuk suatu bilangan real \(x\) dan \(y\). Matriks C memiliki invers \(\begin{bmatrix}0 &-1 \\-1 & 0 \end{bmatrix}\).


Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas P dan Q berikut yang benar?

P Q
x + y 5

Sebuah pulau digambarkan dalam peta di bawah ini.


Daerah K dan L berturut-turut menyatakan daerah pemukiman dan daerah konservasi. Persegi pada peta berukuran 1 cm x 1 cm.

Berapakah dari pernyataan berikut yang bernilai benar berdasarkan informasi di atas?

(1) Luas daerah konservasi tersebut kurang dari \(8 \text{ km}^2\)

(2) Lima persegi dalam peta menyatakan \(5 \text{ km}^2\) luas sebenarnya

(3) Luas pulau tersebut lebih dari \(80 \text{ km}^2\)

(4) Keliling pulau tersebut lebih dari \(30 \text{ km}\).

Bilangan dua angka (boleh berulang) yang lebih besar daripada 9 dibentuk dari angka 0,1,3,5,7.

Berapakah dari pernyataan berikut yang bernilai benar berdasarkan informasi di atas?


(1) Tidak ada satu pun bilangan yang dapat dibentuk merupakan bilangan genap

(2) Bilangan terbesar yang mungkin dibentuk merupakan bilangan prima

(3) Lima kali bilangan terkecil lebih kecil daripada bilangan terbesar yang mungkin dibentuk

(4) Faktor Persekutuan terbesar dari bilangan terbesar dan terkecil yang mungkin dibentuk adalah 1

Tabel berikut menyajikan banyaknya siswa Kelas A dan Kelas B berdasarkan banyaknya kunjungan ke perpustakaan sekolah dalam satu minggu.

Banyaknya Kunjungan Banyaknya Siswa
Kelas A Kelas B
0 9 3
1 6 11
2 3 7
3 7 9
4 5 0



Berapakah dari pernyataan berikut yang bernilai benar berdasarkan informasi di atas?

(1) Median banyaknya kunjungan siswa Kelas A lebih besar daripada Kelas B

(2) Modus banyaknya kunjungan siswa dari data gabungan sama dengan 3

(3) Banyaknya kunjungan siswa Kelas A lebih kecil daripada Kelas B

(4) Jangkauan banyaknya kunjungan siswa Kelas A sama dengan Kelas B

Lambang \(\lceil y \rceil\) menyatakan bilangan bulat terkecil yang lebih besar atau sama dengan bilangan real \(y\).

Bilangan real \(a\) merupakan suatu solusi dari \(\lceil 2x + 1 \rceil = 5\).

\begin{array}{|c|c|}
\hline
P & Q \\
\hline
a & 2 \\
\hline
\end{array}

Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas P dan Q berikut yang benar?

Sebuah limas T.ABCD dengan alas berbentuk jajargenjang ABCD memiliki luas luas 20 satuan luas. TE adalah garis tinggi limas. Panjang TE = BD = 6 satuan. Berapakah volume limas T.ABCD?

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(1) \(\text{TE } \bot \text{ BC}\)

(2) \(\text{TA } = \text{ TC}\)

Apakah sistem persamaan linier \(-ax + y = 1\) dan \(-bx + 2y = 2\) memiliki lebih dari satu solusi untuk \((x, y)\)?


Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(1) \(2a - b = 0\)

(2) \(a = 1\)

Dari angka-angka 1, 2, 3, dan 5 akan disusun bilangan yang terdiri atas 6 angka dengan syarat angka 3 dan 2 muncul dua kali. Banyak bilangan yang terbentuk adalah…

Jika \(x_1\) dan \(x_2\) memenuhi \(2^{x^2} \cdot 4^{-2x} = \dfrac{1}{8}\) dengan \(x_1 > x_2\), maka \(x_1 - x_2 = \dotso\)