Sketsa Grafik

Sketsa Grafik

Sketsa Grafik

 

Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat \(y = ax^2 + bx + c\)

 

1. Menentukan bentuk kurva

 

\(a > 0\)

Kurva membuka ke atas

Rendered by QuickLaTeX.com

\(a < 0\)

Kurva membuka ke bawah

Rendered by QuickLaTeX.com

 

 

2. Menentukan titik potong kurva dengan sumbu X

 

Rendered by QuickLaTeX.com

    • Substitusi nilai \(\bbox[5px, border: 2px solid red] {y = 0}\) ke persamaan \(y = ax^2 + bx + c\), lalu tentukan nilai \({\color{red} x_1}\) dan \({\color{red} x_2}\) dengan cara faktorisasi
    • Apabila persamaan tidak bisa difaktorkan, cek nilai Diskriminan:

Bila D > 0, kurva memotong sumbu X di dua titik berbeda, tentukan nilai x dengan metode kuadrat sempurna

Bila D = 0, kurva menyinggung sumbu X, tentukan nilai x dengan metode kuadrat sempurna

Bila D < 0, kurva tidak memotong sumbu X

 

 

3. Menentukan titik potong kurva dengan sumbu Y

 

Rendered by QuickLaTeX.com

    • Substitusi nilai \(\bbox[5px, border: 2px solid red] {x = 0}\) ke persamaan \(y = ax^2 + bx + c\) untuk mendapatkan nilai \({\color{red}y}\)

 

 

4. Menentukan titik puncak kurva

Rendered by QuickLaTeX.com

 

    • Menentukan nilai \(x_\text{puncak} = x_p\)

\(x_\text{p} = -\dfrac{b}{2a}\)

 

    • Menentukan nilai \(y_\text{puncak} = y_p\)

Substitusi nilai \(x_\text{p}\) ke persamaan kurva \(y = ax^2 + bx + c\)

 


Lanjutkan Ke Latihan Soal